Sistem Gaji dan Undang-undang di Dubai, Tenaga Kerja Asing Wajib Tahu!

Indonesia Satu Manajemen,
15 Mei 2022 - 22:23

Gaji tinggi merupakan satu dari beberapa faktor mengapa tenaga kerja asing pergi ke Dubai. Perhitungan ini menjadi pemicu lonjakan TKA yang datang ke kota tersebut. Kendati demikian, bagi kandidat yang hendak mencari pekerjaan di sana perlu mengetahu tentang sistem perhitungan upah. Apa saja yang harus diperhatikan?

  • Jenis kontrak

Kontrak berjangka terbatas adalah ketika karyawan setuju untuk tinggal bersama perusahaan selama beberapa tahun dengan tanggal akhir yang ditentukan. Mengundurkan diri sebelum waktunya bisa berakibat pada larangan kerja, kehilangan hak-hak pekerja atau bahkan pembayaran kompensasi kepada perusahaan.

Kontrak tanpa batas tidak memiliki klausa periode atau jumlah tahun seperti itu. Namun, pemberhentian kontrak bisa dilakukan satu hingga tiga bulan sebelumnya, tentu atas persetujuan kedua belah pihak.

Sementara itu, pembayaran persen dihitung berdasarkan upah dasar/gaji yang dibayarkan ke rekening tanpa tunjangan atau bonus tambahan. Jadi, gaji bersih tidak termasuk perumahan, transportasi, tunjangan perjalanan, upah lembur, tunjangan perwakilan, pendidikan, rekreasi, layanan sosial dan fasilitas lainnya.

  • Diberhentikan sebelum waktunya

Jika diberhentikan dari pekerjaan sebelum waktunya, kecuali jika melanggar aturan seperti yang disebutkan dalam Pasal 139 UU Ketenagakerjaan, karyawan masih berhak atas uang penghargaan. Aturan itu menyatakan:

Karyawan harus dicabut haknya atas akhir masa kerja dalam dua kasus berikut,

a.       Jika diberhentikan dari pekerjaan karena salah satu alasan yang disebutkan dalam Pasal 120 atau jika keluar dari pekerjaan dengan maksud menghindari pemecatan sesuai dengan artikel. (Artikel ini membahas pemberhentian selama atau di akhir masa percobaan atau karena tuduhan kehilangan materi, kegagalan melakukan tugas-tugas dasar bahkan setelah peringatan, interogasi, kejahatan, dll).

b.       Jika dia mengundurkan diri tanpa pemberitahuan dalam kasus-kasus selain dari yang diatur dalam Pasal 121 (jika majikan melanggar kontrak atau dalam kasus penyerangan), dan berkaitan dengan kontrak tanpa batas, atau sebelum penyelesaian lima tahun layanan berkelanjutan dalam kontrak terbatas.

 

Jadi sekarang sudah mengetahui sedikit gambaran tentang sistem gaji dan bagaimana undang-undangnya. Dengan demikian, Anda bisa menimbang sendiri jikalau nanti telah menyepakati kontrak. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp